Wacana Pembatasan Kendaraan Bermotor Telah Diterapkan Di Berbagai Kota Di Dunia

Wacana Pembatasan Kendaraan Bermotor Telah Diterapkan Di Berbagai Kota Di Dunia

Wacana pembatasan kendaraan bermotor oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengundang perhatian. Anies mengungkapkan keputusan ini ditujukan untuk menanggulangi masalah polusi udara yang menghantui Jakarta belakangan ini.

Wacana Pembatasan Kendaraan Bermotor Telah Diterapkan Di Berbagai Kota Di Dunia

Namun wacana serupa sebenarnya telah diterapkan di berbagai kota di dunia. Tujuannya sama, untuk kurangi polusi udara dan menaikkan kualitas udara yang dihirup penduduk perkotaan.BandarĀ  Bola Kota yang terkenal dengan kebijakan ini adalah Paris di Perancis. Kebijakan yang dikeluarkan th. 2015 ini menerapkan sebagian peratuaran.

Peraturan tersebut pada lain mengizinkan kendaraan bernomor ganjil untuk hari Senin serta mempersiapkan kendaraan transit umum untuk ke kota Paris. Ada juga keputusan perihal kendaraan ramah listrik dan hibrida yang diperbolehkan masuk. Untuk listrik tidak dikenakan cost tetapi hibrida tersedia cost yang wajib dibayarkan.

Kebijakan lainnya adalah kendaraan apa-pun yang beroperasi di jalur wajib berpenumpang minimal tiga orang. Pemerintah kota Paris juga mengkampanyekan program bersepeda bersama. China, pasar terbesar otomotif, juga dulu dipusingkan dengan polusi. Meski jadi negara daerah memproses kendaraan listrik terbesar di dunia, belum sanggup untuk menopang menaikkan kualitas udara mereka.

Beberapa kota di China membatasi secara ketat pembelian mobil baru. Kota layaknya Beijing, Shanghai, Guiyang dan Guangzhou membatasi kendaraan dengan memanfaatkan sistem lelang dan lotere untuk menjajakan plat nomor kendaraan yang terbatas. Ada juga pembatasan hari untuk berkunjung ke kota-kota tersebut di kala tertentu. Ini sebabkan kendaraan dari luar kota tidak sanggup masuk bahkan parkir di kota-kota tersebut.

Negara tetangga terdekat, Singapura juga mempunyai kebijakan pembatasan kendaraan bermotor. Ada syarat pengujian ketat bagi pemilik kendaraan yang wajib diperbarui 10 th. serta penerapan pajak yang benar-benar tinggi. Nah bagaimana dengan mobil klasik? Peraturan di Inggris membatasi usia kendaraan hanya hingga 9 th. saja namun untuk mobil klasik, mewah atau koleksi diberi pengecualian sebab penggunaannya tidak rutin.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *