Review Harga Kawasaki KLX 230 Terbaru Spesifikasi 2019

Review Harga Kawasaki

Kawasaki kelanjutannya resmi merililis motor trail bermesin Injeksi di Indonesia. Motor selanjutnya bukanlah penerus KLX 150 atau KLX 250, melainkan motor baru bernama KLX 230. Motor ini mengusung mesin berkapasitas 233cc yang dioptimalkan teknologi Fuel Injection dan sistem pendingin cairan. Soal tenaga udah pasti jauh lebih baik dibandingkan Kawasaki KLX 150 ataupun Honda CRF150L yang notabennya kenakan mesin berkapasitas 150cc.

Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang memasarkan Kawasaki KLX 230. Motor ini tersedia dalam dua varian, yaitu style standar dan pribadi edition. Harga keduanya jauh lebih tidak mahal dibandingkan KLX 250 yang di lepaskan kepasaran melebihi 60 Juta Rupiah. Sedangkan KLX 230 dijual dengan harga 40 Jutaan. Bahkan selama jaman promo, Kawasaki membanderolnya tak samai 40 Juta.

Dengan harga memadai terjangkau dan dibekali mesin bertenaga besar, udah pasti KLX 230 akan menjadi idola baru bagi fans offroad di tanah air. Terlebih Kawasaki merancangnya dengan desain terlalu keren, tapi selalu perhatikan kenyamanan sementara melalui beragam medan jalan. Alhasil motor trail Kawasaki ini bisa menjadi pilihan paling tepat bagi masbro yang berencana membeli motor segala medan.

Review Harga Kawasaki KLX 230 Terbaru Spesifikasi 2019

Sama halnya dengan KLX 150 dan KLX 250, motor ini merupakan motor Dual Purpose. Itu artinya masbro bisa memakainya melalui medan off-road ataupun on-road. Nah bagi masbro yang tertarik membelinya dan ingin sadar berapa harga Kawasaki KLX 230 style standar maupun KLX 230 pribadi edition,

Performa Mesin

Spesifikasi yang dibawa Kawasaki KLX 230 memadai memuaskan. Namun sayangnya motor ini punya satu kekurangan, yaitu belum menggunakan suspensi Upside Down. Mungkin perihal ini sengaja dikerjakan supaya harga Kawasaki KLX 230 bisa ditekan menjadi lebih murah. Yah, terhadap dasarnya harga KLX 230 memang memadai terjangkau dibandingkan motor trail sekelasnya yang mengusung mesin 250cc, layaknya Honda CRF250 Rally dan Kawasaki KLX 250.

Walaupun berasal dari segi kapasitas jauh lebih keci, akan tapi tenaga dan torsi yang dihasilkan tergolong memadai besar. Dimana tenaga maksimal yang bisa dihasilkannya adalah mencapai 19 Horsepower terhadap putaran mesin 7.600 rpm. Sedangkan torsi puncaknya sebesar 19.8 Nm terhadap putaran 6.100 rpm. Tak cuma itu, Kawasaki terhitung mengoptimalkannya dengan sistem pembakaran Fuel Injection yang otomatis mengakibatkan performa KLX 230 jadi responsif.

Racikan mesin Kawasaki KLX 230 memang tak diragukan kembali performanya. Motor ini mengusung mesin berkapasitas 233cc dengan konfigurasi 1 Silinder SOCH 2 Katup. Kawasaki terhitung melengkapinya dengan sistem transmisi manual 6 percepatan yang menjadikannya jadi nyaman dikendarai. Lalu untuk kompresi mesinnya berukuran 9,4:1 dan punya diameter x langkah berukuran 67 x 66 mm.

Desain & Dimensi

Selanjutnya mari kami mengkaji soal desain, Kawasaki KLX 230 mengusung desain dual purpose yang bisa diandalkan melalui beragam medan off-road maupun on-road. Kemampuan off-road motor ini memang tak wajib diragukan lagi. Pasalnya Kawasaki mengoptimalkannya dengan diameter roda lebih luas, long-travel suspensions, dan ground clerance yang tepat untuk melalui beragam medan off-road.

Sayangnya suspensi depan KLX 230 belum Upside Down. Suspensinya masih teleskopik dan dibalut cover shock depan yang terbuat berasal dari karet. Selain itu, terhadap bagian depan terpasang headlamp yang sayangnya belum menggunakan lampu LED. Kekurangan selanjutnya akan tertutupi dengan kehadiran Speedometer Full Digital yang berikan kesan moderen terhadap motor trail bermesin 230cc tersebut.

Seperti yang kami sampaikan di atas, Kawasaki KLX 230 tersedia dalam dua varian berbeda, yaitu style standar dan style SE (Spesial Edition). Lalu apa yang membedakan kedua varian tersebut?. Perbedaan keduanya cuma terletak terhadap warna grafis, warna velg, dan menambahkan lebih dari satu aksesoris. Dimana terhadap style standar kenakan velg berawarna silver dan grafis lebih simple.

Sedangkan Kawasaki KLX 230 Spesial Edition udah ditambah Hand Guard, Engine Guard, Cover Rangka, velg berwarna hitam dan warna grafis lebih dinamis. Perbedaan selanjutnya mengakibatkan harga Kawasaki KLX 230 Spesial Edition sedikit lebih mahal. Kemudian soal dimensi, KLX 230 punya panjang total berukuran 2.105 mm, lebar 835 mm, tinggi 1.165 mm, dan wheelbase berjarak 1.380 mm berasal dari as roda depan hingga as roda belakang.

Tinggi joknya tergolong ideal demi menunjang kenyamanan dalam berkendara, yaitu berjarak 885 mm dan di dukung ground clearance 265 mm. Yah, motor ini dirancang supaya punya kemampuan off-road yang mumpuni, menjadi jangan heran jika ground clerance-nya memadai tinggi. Secara desain body memang terlalu keren, tapi akan jauh lebih keren jika ditambah suspensi depan Upside Down layaknya yang dimiliki KLX 150 BF dan KLX 250.

Suspensi & Pengereman

Rupanya alasan Kawasaki tak kenakan Upside Down terhadap motor ini bukanlah masalah harga, melainkan supaya suspensi Kawasaki KLX 250 lebih empuk dan lebih smooth sementara dipakai berkendara di medan off-road. Alhasil kami wajib puas dengan suspensi depan teleskopik yang punya panjang travel hingga 220 mm. Suspensi selanjutnya terhitung dipadukan dengan rem cakram berdiameter 240 mm dengan desain bergelombang (Wave Disk).

Kemudian untuk bagian belakang kenakan suspensi Uni Trak Swingarm yang dipadukan dengan satu buah shockbreaker (monoshock) yang punya travel 223 mm. Lalu untuk rem belakangnya kenakan piringan cakram bergelombang dengan diameter 220 mm dan di dukung kaliper single piston. Sayangnya sistem pengereman KLX 230 yang dipasarkan di Indonesia belum ditambah teknologi ABS (Anti-Lock Breaking System).

Tidak terdapatnya teknologi ABS mengakibatkan harga Kawasaki KLX 230 di Indonesia jauh lebih tidak mahal dibandingkan harga Kawasaki KLX 230 di Eropa ataupun Amerika. Selanjutnya untuk bagian ban kenakan ban depan berukuran 2.75-21 45P dan ban belakang 4.10-18 59P. Velg depan dibuat lebih besar supaya lebih optimal dalam melalui beragam gampang medan off-road. Selain itu, Kawasaki melengkapinya dengan rangka Tubuluar Semi-Double Crandle yang dijamin rigid dan terlalu kuat.

Spesifikasi Motor KLX 230

Dengan spesifikasi yang diusungnya, kami yakin fans off-road tanah air akan tertarik membeli motor ini. Terlebih harga Kawasaki KLX 230 memadai terjangkau dan menawarkan kenyamanan berkendara sementara melibas beragam medan jalan. Nah setelah sadar spesifikasi lengkap dan fiturnya, sekarang mari kami menyaksikan berapa memang harga Kawasaki KLX 230 di Indonesia.

Daftar Harga Kawasaki KLX 30

Harga Kawasaki KLX 230 Standar Rp. 42.500.000
Harga Kawasaki KLX 230 SE Rp. 44.900.000

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) meluncurkan KLX 230 terhadap ajang Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2019. Motor ini tersedia dalam style standar dan Spesial Edition dengan selisih harga kira-kira 2 Jutaan. Nah untuk harganya sendiri sebesar Rp. 42.5 Juta untuk style standar dan Rp. 44.9 Juta untuk style Spesial Edition. Namun selama jaman promo hingga akhir Juni 2019, masbro bisa mendapatkannya dengan harga Rp. 39.9 Juta untuk varian KLX 230 standar. Sedangkan harga Kawasaki KLX 230 Spesial Edition selama jaman promo sebesar Rp. 42.3 Juta.

Perbedaan KLX 230 SE & Standar

KLX 230 Standar

  • Warna Lime Green & Ebony
  • Velg berwarna Silver
  • Tidak ditambah aksesori tambahan
  • Bobot 132 kg

KLX 230 Spesial Edition

  • Warna Oriental Blue dan Firecracker Red
  • Velg berwarna hitam
  • Dilengkapi Engine Guard, Hand Guard & Cover rangka samping
  • Bobot 133 kg

Nah itulah lebih dari satu perbedaan pada KLX 250 Standar dan Spesial Edition. Semua perbedaan di atas secara tak langsung akan merubah harga Kawasaki KLX 230. Apabila ingin meraih aksesori yang lebih lengkap, maka masbro wajib membeli style Spesial Edition yang selisih harganya kira-kira 2 Jutaan. Sedangkan untuk spesifikasi lainnya dibuat sama persis, baik itu terhadap bagian kaki-kaki, suspensi, hingga mesin.

Kelebihan Motor KLX 230

  1. Memiliki mesin dengan kapasitas area bakar 233cc, supaya bisa membuahkan tenaga dan torsi jauh lebih besar dibandingkan KLX 150
  2. Walaupun masih kenakan suspensi depan teleskopik, tapi Kawasaki merancangnya supaya lebih nyaman sementara melalui medan offroad
  3. Harga Kawasaki KLX 230 tak terlalu mahal dan seimbang dengan spesifikasinya
  4. Memakai suspensi belakang Uni Track dan Monoshock yang dijamin empuk dan nyaman
  5. Tersedia rem cakram terhadap pengereman roda depan dan juga belakang
  6. Sudah ditambah speedometer digital yang informatif dan punya desain modern
  7. Dibekai diameter ban lebih besar dan ground clerance yang pas, supaya jadi optimal dalam melibas medan off-road
  8. Mesinnya udah menunjang teknologi Injeksi

Kekurangan Motor KLX 230

  1. Belum ditambah sistem pengereman ABS
  2. Pasti lebih dari satu orang akan mengeluhkan kenapa motor ini belum ditambah suspensi depan Upside Down
  3. Semua lampunya belum menggunakan teknologi LED, dikarenakan masih kenakan bohlam standar
  4. Desain lampu depannya menurut kami terlalu besar

Keputusan Kawasaki untuk merilis KLX 230 di Indonesia memang terlalu tepat. Pasalnya motor ini akan menjadi alternatif bagi fans off-road yang ingin motor trail bermesin besar, tapi dibanding dengan harga memadai terjangkau. Yah, harga Kawasaki KLX 230 memang jauh lebih tidak mahal dibandingkan Honda CRF250 Rally maupun KLX 250, supaya bisa menjadi alternatif terbaik selai kedua motor trail 250cc tersebut. Nah demikian Info otomotifo kali ini, semoga berfungsi dan bisa menjadi bahan referensi.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *