Jimny Dan Ertiga Kenakan Mesin Dan Type Yang Sama

Jimny Dan Ertiga Kenakan Mesin Dan Type Yang Sama

Jimny next gen jadi perhatian khalayak sesudah meluncur resmi di GIIAS 2019. Menariknya, mesin yang dipakai satu kode bersama Ertiga bahkan Carry.

Jimny Dan Ertiga Kenakan Mesin Dan Type Yang Sama

Lucunya, mesin Jimny bahkan lebih kecil secara power dan torsi. Data berikut bisa dicermati dari perbandingan spesifikasi mesin.

Pihak Suzuki sendiri mengakui bahwa Jimny dan Ertiga kenakan mesin bersama type yang sama. Begitu juga untuk power dan torsi yang terkesan drop. Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development & Accessories PT Suzuki Indomobil Sales, pun memberikan penjelasan

“Kita tetap menggunakan mesin bersama seri yang sama K15B. Kok power dan torsinya berbeda? Ertiga 104,7 HP di 6.000 RPM bersama torsi 138 Nm terhadap 4.400 RPM, sementara Jimny 102 HP di 6.000 rpm bersama torsi 130 Nm di 4000 RPM. Sebenarnya agak teknis detil dan soal mengapanya,” kata Yulius.

Dia memaparkan bahwa “penurunan” power dan torsi dilakukan gara-gara Jimny menggunakan proses gerak 4×4. Lebih paham lagi, ke dua mobil memiliki peruntukan medan jalur yang berbeda.

“Ini terkait sama type transmisi, Jimny 4×4. Jadi dari enginering kami sebabkan bagaimana yang paling optimal. Jadi Ertiga dibikin optiimal sebagai passenger car, sementara Jimny dibikin optimal sebagai mobil 4×4 atau bersama target offroad supaya keluarnya disetting bersama kondisi layaknya ini,” urainya.

Power besar bukan jadi acuan di dalam pengembangan Jimny. Menurut Yulius, penetapan power dan torsi telah sesuai bersama kebutuhannya.

“Jadi bukan artinya power lebih besar maka optimal. Apakah mobil offroad powernya lebih besar, kemungkinan di mobil lain bisa, tetapi ini kami adjusting sesuai bersama kebutuhannya”.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *