Berbagai Jenis Modifikasi Lampu Mobil Untuk Para Pencinta Modif

Berbagai Jenis Modifikasi Lampu Mobil Untuk Para Pencinta Modif

Ragam modifikasi mobil banyak jenisnya, terhitung terhadap lampu kendaraan, yang kerap terkena sentuhan modifikasi. Mulai dari yang berupa untuk mengoptimalkan pencahayaan sampai menaikkan estetika kendaraan tersedia di pasaran. Berikut ragam modifikasi lampu mobil kekinian merasa dari Rp 500 ribu sampai jutaan rupiah.

Berbagai Jenis Modifikasi Lampu Mobil Untuk Para Pencinta Modif

1. Lampu High-Intensity Discharge (HID)

Lampu HID atau biasa dikenal bersama dengan sebutan lampu proyektor merupakan modifikasi basic terhadap bagian lampu mobil. Lampu model ini diklaim mampu bertahan lebih lama dan hemat energi dibanding halogen. Paparan sinarnya pun lebih luas. Namun semenjak diperkenalkannya lampu LED terhadap mobil, pengguna mobil merasa meninggalkan lampu HID. Sebab, harganya hanya berbanding tipis. “Harganya beragam, terkait merk dan tipe. Namun umumnya berada dikisaran Rp 500.000-an,” kata Arle dari MVD Car Accessories kepada Kompas.com, Jakarta, Kamis (4/7/2019). “Tiap bengkel mempunyai standar masing-masing. Ada yang merasa Rp 500.000 sampai jutaan terkait mobil dan mutu lampunya. Ambil perumpamaan Livina baru, lampu projector yang bagus itu kisarannya Rp 1,7 juta,” tambah Rico, pemilik bengkel spesialis lampu Shine Auto Light.

2. Lampu LED

Lebih kecil, hemat daya, dan mempunyai sinar yang tak begitu menyilaukan seperti HID, lampu LED kerap dipilih oleh pemilik mobil waktu memodifikasi kendaraannya. Lampu model LED terhitung mempunyai banyak macam, yang teranyar adalah LED 3 warna. “Hanya lumayan ubah bohlam saja dari yang standar, namun mempunyai 3 warna yaitu putih, putih kekuningan, dan kuning. Sehingga pemilik kendaraan lebih nyaman waktu pakai mobilnya di segala cuaca,” kata Rico. Lampu LED 3 warna terhitung dianggap Rico paling laris untuk waktu ini. Sebab dibandingkan bersama dengan LED standar, harganya tidak terpaut jauh yaitu Rp 750.000 (kisaran LED standar adalah Rp 600.000). “Kalau paling banyak yang cari kira-kira Rp 500.000. Tapi kalau mobil baru atau Eropa, tersedia yang Rp 900.000-an,” ujar Arle.

3. Lampu Laser

Kurang suka bersama dengan paparan sinar yang dikeluarkan lampu LED, lampu laser mungkin mampu jadi pilihan. Sebab, jarak pencahayaannya dua kali lipat daripada lampu jauh LED. Tapi, pakai lampu laser terhadap mobil masih memetik pro dan kontra. Di pasaran, lampu laser terhitung jarang disediakan. Beberapa gerai bengkel modifikasi di kawasan MGK, Kemayoran, Jakarta Pusat yang disambangi Kompas.com pun mengaku tidak mempunyai stok lampu laser mobil.

4. Lampu “Knight Rider”

Terakhir, modifikasi lampu mobil yang kondang waktu ini ialah lampu kelap-kelip seperti yang berada di mobil pandai dalam film Knight Rider. Taruhan Bola Cahaya yang dipancarkan oleh lampu berjenis ini lumayan unik, yaitu keluar bergerak seperti perlihatkan sesuatu, bukan lagi berkedip. “Sejatinya ini adalah lampu LED, hanya saja pemasangannya lumayan rumit. Harus membongkar headlamp dahulu. Jadi tidak boleh sembarang orang yang memasangnya,” ucap Rico. Lampu “Knight Rider” dibanderol merasa dari Rp 500.000 sampai Rp 1.4 juta terkait daerah pemasangan dan mutu komponennya. “Lampu berjenis ini tidak berpengaruh banyak terhadap accu mobil, karena energi yang diperlukan sedikit. Hanya saja perlu diperhatikan pemasangannya,” kata Huda Pahlevi, pemilik bengkel modifikasi He.Auto.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *